Sabtu, 11 Juni 2016

MEDIA SOSIAL

MEDIA SOSIAL


Hello Guys! Jika ditanya apa aktivitas favorit masyarakat saat ini tidak lain bermain internet, pasti social networking jawabnya. Banyaknya media soaial saat ini menjadikan peluang masyarakat untuk unjuk gigi. Bahkan hal pribadi saat ini bukannya sesuatu yang tabu lagi.  Pada dasarnya Media Sosial (Social Media) terdiri dari dua kata yaitu media dan sosial. Pengertian menurut bahasa, media sosial adalah alat atau sarana komunikasi masyarakat untuk bergaul. Sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia, media adalah alat, sarana komunikasi, perantara, atau penghubung. Sosial artinya "berkenaan dengan masyarakat" atau suka memperhatikan kepentingan umum.
Dari keterangan diatas sayapun tidak mau kalah dengan yang lainnya. Saya juga menggunakan beberapa media sosial yang saat ini sedang menjamur. Dan ini nih beberapa media sosial yang saya gunakan guys ..

1.   Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Media sosial buatan Mark Zuckerberg ini memang menduduki peringkat pertama media sosial yang paling banyak di gunakan di dunia. Anda mungkin termasuk pengguna media sosial yang satu ini kan? Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Alasan : Karena facebook mudah untuk dikelola. Facebook juga memungkinkan berbagi foto, video, link, halaman dan acara. Facebook bisa update status lebih dari 140 karakter. Dan yang terakhir karena pengguna facebook sangat banyak.

2.     Twitter

Media sosial yang mirip dengan microblog ini tercatat sebagai media sosial yang paling aktif penggunanya. Sejak diluncurkan tahun 2006 Twitter tumbuh dengan pesat dan saat ini sudah mencapai 284 juta pengguna.
Alasan : Karena twitter lebih simple, lebih fokus dan tidak ada update foto, update video, chatting, dan berbagai fitur lainnya. Batas karakternya 140 saja. Dan lebi personal.

3.     Instagram

Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto atau video yang paling populer saat ini. Kelebihan dari media sosial Instagram adalah bisa mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan profesional.
Fitur yang tersedia di media sosial ini hampir sama dengan media sosial yang lain yaitu adahashtag, ada comment, ada mention, ada like, ada follow, banyak masih banyak lagi yang lainya.
Alasan : Karena instagram aplikasi simple yang dikususkan untuk mengupload foto dan video saja. Ini cocok sekali buat yang suka selfie, exsis dan membaikan setiap momen.

4.     Google+

Google plus adalah jejaring sosial yang dibesut oleh Google pada tahun 2011, kepopuleran Google+ juga sudah mendunia. Google+ menyediakan layanan profile, Google map, Google buzz dan beberapa yang lain yaitu Circles, Hangouts, dan banyak lagi. Tetapi tidak banyak orang yang aktif di Google+ entah karena belum tahu atau memang kesulitan dalam menggunakannya.
Alasan : Karena google+ saya mendapat lebih banyak informasi baru, bukan status update yang ngomongin orang-orang  yang tidak perlu saya ketahui. Dan saya jarang menjumpai status yang panjangnya kurang dari 140 karakter. Di sini bisa membuat status sepanjang 100.000 karakter. Novel yang panjangnya kurang lebih 500.000 karakter bisa dicopy-paste 5 kali di sini.

Itulah beberapa media sosial yang saya gunakan. Masih banyak media sosial yang lainnya yang bisa digunakan loh. Penulis Cuma menggunakan beberapa saja. Itupun sudah repot ngurusinnya. Hehehe ^_^

0 komentar:

Posting Komentar