Kamis, 30 Juni 2016

PERALATAN YANG DIPERLUKAN DALAM MEMULAI USAHA ONLINE SHOP

RIZKY HIJAB STORE



Masih muda sudah berpenghasilan sendiri? Siapa yang tidak mau sih? Pasti semua juga mau. Benar atau tidak? Nah, kali ini saya ingin memposting sedikit tentang rencana usaha saya. Saat ini online shop adalah salah satu cara berbelanja paling mudah dan tidak menguras tenaga tentunya. Nah kali ini saya punya planning memiliki usaha online shop yang bergerak di bidang hijab. Dalam menunjang usaha online shop tersebut, tentunya membutuhkan peralatan untuk mendukung bisnis agar semakin berkembang. Terutama dalam hal peralatan dan pemasaran. Hal yang paling utama dan paling dibutuhkan dalam bisnis online shop yaitu perangkat perkantoran yaitu komputer. Selain itu, dalam membantu berkembangnya suatu usaha, sangat dibutuhkan peralatan penunjang sseperti meja kantor, kursi kantor, box file, printer, scanner, dan kamera.
Kita cusss langsung yuk pada pembahasan tentang peralatan yang paling dibutuhkan yaitu  perangkat keras komputer yang meliputi:
  • Hardware
  • Software
  • Media Promosi
  • Pengamanan
Disini saya mempunyai rencana computer  yang ingin saya gunakan.

1.  KOMPUTER

Komputer merupakan salah satu peralatan kantor yang saat ini bisa dibilang penting untuk dimiliki. Selain dapat digunakan untuk pengetikan, mengolah data, pengarsipan, dan membuat design, komputer juga bisa digunakan untuk sarana promosi.
A.    HARDWARE
Seperti disebut di atas, komputer kantor hemat menggunakan pertimbangan utama harga. Namun tanpa melupakan soal kinerja komputer dalam mendukung pekerjaan kantor. Berikut spesifikasi lengkap komputer kantor versi hemat.
  • Prosesor  Intel Core 2,6 GHz
  • Motherboard  Biostar H61MHB
  • VGA  onboard
  • RAM Patriot DDR3 Signature Line Series PC10600 2GB
  • Harddisk  Seagate 250 GB
  • DVD RW Liteon
  • Keyboard
  • Mouse
  • Casing SPC SX-Series
  • Monitor 15″

B.    SOFTWARE
Hardware sudah, sekarang giliran software apa saja yang dibutuhkan dalam membangun usaha online shop. Chekidoortt…
1.     Pastinya Ms. Office (Ms.Word, Ms. Excel, Ms. Access, Ms. Publizer, dll)
2.     Applkasi Photoshop dan editing lainnya
3.     Applikasi antivirus
4.  Google Crhrome / Mozilla

C.    JARINGAN KOMPUTER YANG DIGUNAKAN
Jaringan komputer adalah ”interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih, yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Karena usaha saya adalah usahas kecil, jadi cukup menggunakan 2-3 komputer yang menggunakan jaringan komputer  LAN (local area network) yang merupakan  jaringan computer  yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampusgedungkantor, dalam rumah, sekolah, atau yang lebih kecil. Kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet,
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.    Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.    Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.    Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

D.    MEDIA PROMOSI
Bisnis online memang memiliki media untuk berjualan dan promosi yang sangat beraneka ragam. Mulai dari website, sosial media hingga business networking. Selama ini orang masih ragu untuk berbisnis online karena takut tidak memiliki media berjualan yang aman dan media promosi yang banyak. Padahal media online sangat mudah untuk digunakan dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Media online memberikan kita peluang untuk melakukan apapun dengan sangat mudah dan cepat, termasuk untuk berbisnis. Diantaranya:
1.     Facebook
2.    Instagram
3.    Line
4.   Web
5.    Twitter
6.   Blog

2.    MEJA KANTOR

Meja kantor merupakan salah satu furniture yang didesain secara khusus untuk peralatan kantor. Bentuk meja yang didesain untuk kebutuhan kantor ini biasanya dilengkapi dengan beberapa laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam arsip, alat tulis, maupun perlengkapan penting lainnya.
Ada banyak pertimbangan dalam memilih meja kantor yang baik. Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah :
a.   Kekuatan dan daya tahan Untuk menjamin meja kantor memiliki kekuatan dan daya tahan lama, satu hal yang paling berpengaruh adalah bahan yang digunakan.
b. Jumlah dan bentuk laci Sebagai peralatan kantor yang sekaligus bisa berfungsi sebagai penyimpan dokumen, meja kantor biasanya akan dilengkapi dengan laci agar dokumen lebih aman.
c.  Ukuran meja. Ada banyak ukuran meja yang bisa digunakan dalam kantor, untuk itu besar kecilnya meja sesuaikan dengan besarnya ruangan kantor yang  ada, agar ruangan tidak terlihatterlalu sempit atau terlalu kosong.

3. KURSI KANTOR

Kursi kantor merupakan salah satu peralatan kantor yang memiliki berbagai desain, bentuk serta. Ada banyak pilihan bentuk, jenis dan warna kursi kantor yang bisa digunakan, untuk itulah perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan kursi mana yang akan dipergunakan. Faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih kursi adalah ketinggian kursi.

4. LEMARI ARSIP

Lemari arsip merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk menyimpan berbagai arsip seperti surat penting, surat-surat masuk dan keluar, nota, kwitansi dan berbagai dokumen lainnya. Dengan adanya lemari arsip ini biasanya berbagai data perusahaan akan tersimpan lebih rapi dan aman.

5. BOX FILE

Box file atau yang sering disebut sebagai kotak arsip adalah peralatan kantor yang berupa kotak yang terbuat dari bahan plastik, multiplex, kardus ataupun alumunium yang digunakan untuk menyimpan arsip. Kotak arsip biasanya memiliki warna yang beragam, hal ini untuk mempermudah pencarian setiap arsip didalamnya. Fungsi dari kotak arsip sendiri adalah untuk menjaga kerapihan meja kerja agar dokumen-dokumen penting tidak berantakan.

6. PRINTER

Printer merupakan peralatan kantor yang dapat digunakan untuk mencetak berbagai dokumen atau beberapa hasil pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer. Printer biasanya menjadi kebutuhan satu paket dengan komputer, printer ini sangat efektif digunakann untuk mencetak berbagai keperluan yang terkait dengan kegiatan administrasi atau surat-menyurat.

7. SCANNER

Scanner merupakan sebuah peralatan kantor ektronika yang digunakan untuk merubah dokumen fisik ke dalam data komputer. Adapun dokumen fisik ini bisa berupa gambar, foto ataupun bentuk teks di atas kertas. Secara umum scanner ini bisa berguna untuk sarana pengarsipan dalam bentuk digital.

8. KAMERA

Kamera merupakan salah satu peralatan kantor yang bisa digunakan sebagai sarana dokumentasi. Kamera ini bisa berupa kamera foto maupun video yang bisa dimanfaatkan untuk merekam berbagai kegiatan perusahaan maupun pekerjaan untuk kepentingan laporan dan juga dokumen. Kamera disini berguna untuk memfoto produk hijab secara riil.

Yang tidak kalah pentingnya dalam berbisnis, kita juga perlu pengamanan data agar data tetap terjaga dari pencuri. Lebih baiknya kita berikan anti virus, memberi password komputer kita, membackup seluruh data ke device / perangkat lain untuk berjaga jaga jika terjadi musibah menimpa data/komputer.

Nah itulah sekilas tentang apa saja yang dibutuhkan ketika memulai usaha online shop. semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar